Keunggulan Asuransi Swasta dibandingkan BPJS

Pelayanan

Asuransi Swasta bisa digunakan langsung ketika pasien datang ke rumah sakit. Sehingga proses pelayanan rumah sakitnya akan lebih cepat.

Untuk BPJS, sebelum kamu ke Rumah Sakit diharuskan datang ke Faskes tingkat 1 dimana kartu BPJS kamu terdaftar. Dibutuhkan rujukan dari Faskes tingkat 1 agar kamu bisa mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum. Dengan demikian prosesnya menjadi lebih panjang dan lama.

Rumah Sakit

Asuransi Swasta bisa digunakan di rumah sakit manapun. Bahkan apabila asuransi tersebut sudah bekerjasama dengan Rumah Sakit yang tempat kamu dirawat maka kamu cukup menunjukkan kartu peserta asuransi. Apabila Rumah Sakit tersebut belum bekerjasama terpaksa kamu harus bayar terlebih dahulu sebelum akhirnya Asuransi mengganti biaya pengobatan yang sudah kamu keluarkan

Berbeda dengan Asuransi Swasta, BPJS hanya bekerjasama dengan Rumah Sakit yang sudah ditentukan. Dengan demikian kamu tidak bisa memilih Rumah Sakit tempat kamu berobat atau dirawat. Repotnya jika kamu sedang berada di luar kota. Kamu tetap harus mendapatkan surat rujukan di faskes tingkat 1 sebelum kamu bisa berobat di Rumah Sakit yang kamu tuju.

Wilayah Pelayanan

Asuransi Swasta bisa menjangkau ke luar negeri sedangkan BPJS hanya berlaku di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *